Archive for the ‘UII’ Tag

Libur telah usai, Semangaat..!!

Semanagaat..!!

Semangaat..!!

Sebenernya saia cuma iseng aja kok, iseng-iseng berselancar di google ketemu gambar yang bagus jadinya kepikiran mo bikin tulisan inih.

Hampir lupa, sebelumnya saia sekeluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, semoga kita dapat menjadi manusia yang lebih baik, amiin..

Nah lhoo.. setelah 2 minggu liburan sudah saatnya kita kembali ke realita kehidupan seperti biasanya. Masuk kampus untuk mencari secuil ilmu yang dapat bermanfaat. Bukannya saia sok bijaksana dan “sok-sok-an” (hehe..) berhubung banyak dari kita (termasuk saia) adalah mahasiswa rantau yang berasal dari luar Jogja, sudah saatnya kembali nyiapin diri untuk menunaikan kewajiban dan tanggung jawab sebagai pelajar yang baik.

Sudah barang tentu orangtua dirumah berharap banyak kepada anak-anaknya yang udah disekolahin jauh-jauh biar bisa jadi “orang”  (Terjemahin menurut persepsi masing-masing). Dan sepatutnya pula sebagai anak yang baik tidak akan mengecewakan harapan dari orangtua tersebut.

Bagi temen-temen yang baru menyandang status mahasiswa semester 1 tentu sangat antusias dan bersemangat  sekali karena mereka akan masuki dunia baru, begitu juga temen-temen yang lain, walau dikasih dosennya  THR (Tugas Hari Raya) tapi tetep bersemangat untuk “mengejar deadline” tugas yang semakin mepet, ada juga temen yang sangat bersemangat dan yakin semester ini adalah semester terakhir baginya untuk ngampus.

So.. pada kesimpulannya, ingatlah tujuan mengapa kita disini (kampus, red). Tujuan dari tiap-tiap orang berbeda, tapi yang pasti semua itu adalah tujuan yang baik dan dapat membanggakan orangtua dan keluarga. 🙂

Bersemangatlah wahai teman-teman..

Satu langkah terakhir sebelum meninggalkan kota kelahiran, seorang ayah berpesan kepada anaknya yang akan pergi, “Mekarkan sayapmu nak,   arungilah dunia nan  luas dan jadilah kuat..”

Originally posted  under : harisetiaji.wordpress.com

Follow me on twitter : twitter.com/harisetiaji

Advertisements

Kuliah di Informatika UII menyenangkan..

Informatika UII

Informatika UII

Pfuuhh, akhirnya.. semester 6 dilalui dengan bahagia dan menyenangkan. Hurray..hurray..

Mau curhat dikit mengenai pembelajaran di Informatika UII, setelah saia pikir-pikir dan menimbang-nimbang apa yang saia dapat semasa kuliah di Informatika UII, dapat saia simpulkan bobot per-semester antara lain :

Semester 1 : Informatika dasar, ya.. disini diajarin dasar dari disiplin ilmu informatika dan disiplin ilmu yang nantinya menunjang pembelajaran ke depannya. Contoh nih Algoritma dan Pemograman (Ngajarin logika pemograman dan sistem), Kalkulus (Ngasah itung-itungan, soale ilmu informatika ituh gak jauh dari itung-itungan), Logika Matematika (Bisa diartiin dari namanya) dsb..! Dan hal lain adalah acara makrab angkatan bagi para mahasiswa baru. Intinya di makrab tersebut adalah mengajarkan keakraban, kekompakan, dan kerjasama antar individu, nyesel dah kalo gak ikut.. 🙂

Semester 2 : Nah.. berhubung disemester ini dapet materi database n pratikumnya, saia pikir disemester ini lebih condong bagaimana logika penyimpanan dan tetep dasar-dasar informatika diajarin disemester inih.

Semester Pendek Pertama : Batu loncatan bagi yang merasa nilainya, eh.. pemahamannya kurang. Jadi ini bisa disebut sebagai semester pendalaman materi, hehe..(ngeles aje..) :-p

Semester 3 : Nah.. ini nih, coba deh tanya yang pernah kuliah di Informatika UII, semester 3 itu penuh halangan dan rintangan. Gimana enggak, pratikumnya aja ada 3 (Pemograman Web, Pemograman Berorientasi Object, dan Sistem Operasi) trus ditambah tugas kuliah yang tiada hentinya. Tapi kalo dijalanin dengan sabar n ikhlas (ciee..) tar jadi kerasa asik kuk. Klo udah ngelewatin semester ini rasanya segeer (kaya’ di iklan-iklan ntuh..)

Semester 4 : Ini dah masuk suasana “santai” (Pake tanda petik, wkeke..) tapi klo dilihat disini mahasiswa udah bisa ngeraba-raba (kemampuan lhoo, bukan ngeraba yang laen). Sudah mulai menemukan “jalan hidup” di bidang ke-informatikaan. Bisa milih Jaringan, Sistem Informasi, Kecerdasan Buatan, atau Multimedia biar lebih jelas ngapain aja yang akan mereka lakukan kedepannya. Pratikumnya ada 2 yaitu Jaringan dan Struktur Data, tapi yang pratikum jaringan ituh asik soale cuma seminggu (pratikum itu biasanya satu semester). Pokoke asik dah..

Semester Pendek Kedua : Kembali dikasih kesempatan untuk mendalami materi yang dirasa kurang, itung-itung isi waktu luang, wkekeke..

Semester 5 : Semester yang mulai menentukan kemana jalan yang akan dipilih, terlihat dari mata kuliah pilihan yang diambil. Nah.. mulai smester ini yang dapat saia lihat adalah mulai diajarkannya kerja berkelompok. Gimana mahasiswa terlibat dalam tugas-tugas yang bersifat kelompok. Secara.. pekerjaan di Informatika itu tidak sendirian, menganut sifat dasar manusia sih yaitu sebagai makhluk sosial. (Intinya gitu dah..). Untuk pratikum na juga asik aja soale cuma 1 doank yaitu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Semester 6 : Udah berasa tua neh, kuliah yang diambil pun dikit (udah gak napsu kuliah barangkali). Udah mulai yang namanya KKN (bagi yang melaksanakan), KP (Kerja Praktek). Sudah mulai memikirkan masa depan, contohnya dah mulai mikirin TA (Tugas Akhir) nanti TA bikin apa yaa..?? trus mikirin nanti aku kerja dimana ya, eh.. aku mo bisnis apa ya, nikahnya kapan yaa,  istriku nanti ada berapa ya..(zz.. ra nyambung, wkekeke.) . Nah.. disini masih berlanjut “ilmu berkelompok” dari semester-semester sebelunya, di semester ini bener-bener kita bisa berinteraksi dengan orang lain. Soale semua matakuliah tugasnya berkelompok, ada juga matakuliah yang memberi tugas “lapangan” artinya bener-bener terjun ke dunia nyata yaitu masyarakat. Yah.. pokoke asik dah..

Nah setelah 3 tahun atau 6 semester telah kujalani dengan sukacita dan hati riang bahagia (halah..), cukup banyak juga pengalaman, ilmu baru, teman baru, dsb yang sangat menyenangkan (sumpaah..). Bener-bener anda tidak akan menyesal kuliah di Informatika UII, fasilitas yahud, pengajarnya jg yahud, materi pembelajaran update, suasana belajar na dapet, suasana kampus aman tenteram,  kegiatan ekstra juga asik-asik, kompak (baik satu angkatan atau sama angkatan lain), biaya tempat tinggal murah, maem juga murah..!! Nah lho.. kurang apalagi coba..?? (Promosi is numero uno)

Eh.. yang diatas baru 6 semester yaks, masih ada semester-semester selanjutnya yang masih harus dijalani, yang mau TA di semester 7 pun boleh-boleh aja dengan syarat matakuliah udah mencukupi dan syarat lainnya terpenuhi. Jadi.. di Informatika UII pun bisa lulus dengan cepat, dan lulusannya pun sudah teruji kehandalannya baik lahir atau batin. Hwehehe..

Kalo menurut saia, nikmatin ajah semuanya. Kata orang bijak  sih.. kalo dijalanin dengan ikhlas dan sabar maka semua akan berjalan dengan lancar dan baik. Dan jangan mengeluh dengan banyaknya pekerjaan. Just it..

Originally posted under : harisetiaji.wordpress.com

%d bloggers like this: