Kuliah di Informatika UII menyenangkan..

Informatika UII

Informatika UII

Pfuuhh, akhirnya.. semester 6 dilalui dengan bahagia dan menyenangkan. Hurray..hurray..

Mau curhat dikit mengenai pembelajaran di Informatika UII, setelah saia pikir-pikir dan menimbang-nimbang apa yang saia dapat semasa kuliah di Informatika UII, dapat saia simpulkan bobot per-semester antara lain :

Semester 1 : Informatika dasar, ya.. disini diajarin dasar dari disiplin ilmu informatika dan disiplin ilmu yang nantinya menunjang pembelajaran ke depannya. Contoh nih Algoritma dan Pemograman (Ngajarin logika pemograman dan sistem), Kalkulus (Ngasah itung-itungan, soale ilmu informatika ituh gak jauh dari itung-itungan), Logika Matematika (Bisa diartiin dari namanya) dsb..! Dan hal lain adalah acara makrab angkatan bagi para mahasiswa baru. Intinya di makrab tersebut adalah mengajarkan keakraban, kekompakan, dan kerjasama antar individu, nyesel dah kalo gak ikut.. 🙂

Semester 2 : Nah.. berhubung disemester ini dapet materi database n pratikumnya, saia pikir disemester ini lebih condong bagaimana logika penyimpanan dan tetep dasar-dasar informatika diajarin disemester inih.

Semester Pendek Pertama : Batu loncatan bagi yang merasa nilainya, eh.. pemahamannya kurang. Jadi ini bisa disebut sebagai semester pendalaman materi, hehe..(ngeles aje..) :-p

Semester 3 : Nah.. ini nih, coba deh tanya yang pernah kuliah di Informatika UII, semester 3 itu penuh halangan dan rintangan. Gimana enggak, pratikumnya aja ada 3 (Pemograman Web, Pemograman Berorientasi Object, dan Sistem Operasi) trus ditambah tugas kuliah yang tiada hentinya. Tapi kalo dijalanin dengan sabar n ikhlas (ciee..) tar jadi kerasa asik kuk. Klo udah ngelewatin semester ini rasanya segeer (kaya’ di iklan-iklan ntuh..)

Semester 4 : Ini dah masuk suasana “santai” (Pake tanda petik, wkeke..) tapi klo dilihat disini mahasiswa udah bisa ngeraba-raba (kemampuan lhoo, bukan ngeraba yang laen). Sudah mulai menemukan “jalan hidup” di bidang ke-informatikaan. Bisa milih Jaringan, Sistem Informasi, Kecerdasan Buatan, atau Multimedia biar lebih jelas ngapain aja yang akan mereka lakukan kedepannya. Pratikumnya ada 2 yaitu Jaringan dan Struktur Data, tapi yang pratikum jaringan ituh asik soale cuma seminggu (pratikum itu biasanya satu semester). Pokoke asik dah..

Semester Pendek Kedua : Kembali dikasih kesempatan untuk mendalami materi yang dirasa kurang, itung-itung isi waktu luang, wkekeke..

Semester 5 : Semester yang mulai menentukan kemana jalan yang akan dipilih, terlihat dari mata kuliah pilihan yang diambil. Nah.. mulai smester ini yang dapat saia lihat adalah mulai diajarkannya kerja berkelompok. Gimana mahasiswa terlibat dalam tugas-tugas yang bersifat kelompok. Secara.. pekerjaan di Informatika itu tidak sendirian, menganut sifat dasar manusia sih yaitu sebagai makhluk sosial. (Intinya gitu dah..). Untuk pratikum na juga asik aja soale cuma 1 doank yaitu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Semester 6 : Udah berasa tua neh, kuliah yang diambil pun dikit (udah gak napsu kuliah barangkali). Udah mulai yang namanya KKN (bagi yang melaksanakan), KP (Kerja Praktek). Sudah mulai memikirkan masa depan, contohnya dah mulai mikirin TA (Tugas Akhir) nanti TA bikin apa yaa..?? trus mikirin nanti aku kerja dimana ya, eh.. aku mo bisnis apa ya, nikahnya kapan yaa,  istriku nanti ada berapa ya..(zz.. ra nyambung, wkekeke.) . Nah.. disini masih berlanjut “ilmu berkelompok” dari semester-semester sebelunya, di semester ini bener-bener kita bisa berinteraksi dengan orang lain. Soale semua matakuliah tugasnya berkelompok, ada juga matakuliah yang memberi tugas “lapangan” artinya bener-bener terjun ke dunia nyata yaitu masyarakat. Yah.. pokoke asik dah..

Nah setelah 3 tahun atau 6 semester telah kujalani dengan sukacita dan hati riang bahagia (halah..), cukup banyak juga pengalaman, ilmu baru, teman baru, dsb yang sangat menyenangkan (sumpaah..). Bener-bener anda tidak akan menyesal kuliah di Informatika UII, fasilitas yahud, pengajarnya jg yahud, materi pembelajaran update, suasana belajar na dapet, suasana kampus aman tenteram,  kegiatan ekstra juga asik-asik, kompak (baik satu angkatan atau sama angkatan lain), biaya tempat tinggal murah, maem juga murah..!! Nah lho.. kurang apalagi coba..?? (Promosi is numero uno)

Eh.. yang diatas baru 6 semester yaks, masih ada semester-semester selanjutnya yang masih harus dijalani, yang mau TA di semester 7 pun boleh-boleh aja dengan syarat matakuliah udah mencukupi dan syarat lainnya terpenuhi. Jadi.. di Informatika UII pun bisa lulus dengan cepat, dan lulusannya pun sudah teruji kehandalannya baik lahir atau batin. Hwehehe..

Kalo menurut saia, nikmatin ajah semuanya. Kata orang bijak  sih.. kalo dijalanin dengan ikhlas dan sabar maka semua akan berjalan dengan lancar dan baik. Dan jangan mengeluh dengan banyaknya pekerjaan. Just it..

Originally posted under : harisetiaji.wordpress.com

Advertisements

30 comments so far

  1. buy_vigrxplus on

    Great post! I’ll subscribe right now wth my feedreader software!

  2. priyan on

    wah asyik bnget kykna, q mu tnya, skrng q msh sma n mu nglnjtn kuliah jurusan teknik informatika, nah byasanya untk SPMB soal yg bnyk kluar ap y?

    • harisetiaji31 on

      SPMB untuk dimana..?? UII..? Kalo soal di UII lebih banyak ke soal logika, baca aja buku-buku test yg banyak dijual diluar.. CMIWW

  3. Hendra Raditya Saputra on

    kak. semester 1 apa aja yg harus di perdalam? buat prepare ga gaptek amat pas masuk hihihi

    • harisetiaji on

      algoritma dan algoritma.. 🙂

      Karena semua kejadian, pasti berurutan..

  4. liquidfosil on

    kak terus kakak gmana skrg? udah wisuda kan? terus kerjaan kerja apa skrg kak? Dimana kerjanya kak? Sy jg informatika kak. Biar tau aja kedepannya gmana hehe

    • harisetiaji on

      Informatika itu bisa diterima di segala lini untuk saat ini, jangan khawatir kesempatan sangat luas sekali. Asal, nanti lebih fokus pada suatu hal tertentu.

      Kerjaan saya sekarang serabutan saja, bisa dilihat di profile : http://id.linkedin.com/in/harisetiaji

      Tetap semangat, Informatika itu menyenangkan.. 🙂

  5. liquidfosil on

    Ohh bgtu. Bang boleh minta cpnya ga? Atau ga bang Hari masih sering aktif kan di blog ini? Soalnya nanti biar bisa nanya2 ke bang Hari ttg jurusan informatika. ttg tugas, dosen, sks dll hehe. Biar aku jg punya kenalan senior yg berpengalaman bang. Aku jg kuliah di uii, tp baru masuk tahun ini

  6. harisetiaji on

    Nyari CP saya gampang mas/mbak, bisa tanya ke jurusan atau lembaga pelatihan itcentrum di pojokan kampus itu, pasti ketemu.. 🙂

  7. afatbenz on

    mas, lulusan tahun berapa? btw biaya per semester berapa?

    • harisetiaji on

      Saya lulus thn 2010, biaya per-semester skg kurang paham berapa, dulu sih jaman sy 1,5an per-semester. Itu nanti belum biaya sks juga tiap semester yaa..

  8. 1000merpati on

    Assalamu ‘alaykum, maaf mau tanya ni.. kalo di UII kan ada dosen yg expert ttg anfis, mahasiswanya insya Allah jg donk, kalo tanya2 boleh? hehe.. saya dari informatika UNDIP

    • harisetiaji on

      Wa’alaikum salam. untuk dosen Fuzzy ada beberapa dosen senior yang cukup mumpuni. Kalo mahasiswanya tentu yang berfokus di Fuzzy Logic, kebetulan saya di RPL dan IS, hehe.. 🙂

  9. Hekel on

    KK di UII jurusan TI ada ceweknya kaga

    • harisetiaji on

      Banyaak.. Cukup banyak malah, kalo di persentase sekitar 30% dari jumlah keseluruhan mhs TI. Cakep2 lagi, ahaha..

  10. Umam on

    Ada kurikulumnya gak Kak Hari ? Aku pengen tahu dulu mata kuliah yang ditawarin apa aja. Kalau ada, minta tolong dikirim ke emailku ya : ardianumam@gmail.com

    Makasih banyak 😀

  11. Dylla I on

    Kalo biaya kuliahnya di uii teknik informatika gimana? Biaya pee semesternya berapa? Terimakasih

  12. Dylla I on

    Biaya kuliah di uii t.inforkatika gimana? Biaya per semester dan sksnya berapa? Terimakasih

    • harisetiaji on

      Dengan adanya penyesuaian biaya kuliah per-tahun, kisaran biaya spp kuliah di Jurusan Teknik Informatika berkisar 2-3 juta rupiah. Biaya per-sks sekitar 80-90rb per-sks. Kemudian untuk awal masa kuliah dikenai biaya caturdharma (semacam uang pembangunan) yg besarnya disesuaikan dengan peringkat waktu test awal. Biaya caturdharma diangsur 4x selama awal semester pertama. Itu se-pengamatan saya… 🙂

  13. Hardi Juliawan on

    Mas di Uii ada lab komputer gak? Apakah kita harus punya laptop dari awal masuk kuliah? Rencananya saya ingin rakit pc dari pada beli laptop.

    • harisetiaji on

      Di Teknik Informatika UII memiliki Lab Komputer Terpadu dengan 5 ruangan yang masing2 berkapasitas 30 – 50 komputer. Jika boleh saya sarankan, mending beli laptop saja karena nanti bisa memanfaatkan wifi super kencang (jalur fiber optic) dari kampus. 🙂

  14. Lasti Lahier on

    Kak boleh gak masuk sistem informasi kalo dari program ips? 🙂

    • harisetiaji on

      Sistem Informasi merupakan salah satu konsentrasi studi yang nantinya akan dipilih (idealnya di Semester 3, setelah mengikuti kuliah-kuliah dasar ke-Informatikaan).

      Nah, sependek yang saya tau, tidak ada batasan IPA atau IPS untuk masuk di T.Informatika, tapi saya cuma mengingatkan, kuliah-kuliah dasar di Teknik Informatika masih bersinggungan dengan Matematika.

  15. Izhhar Hirumi on

    Kk peminatannya ambil apa semester 3 nya? Saya ingin ambil jurusan SI tapi di UII g ada SI nya, tp saya pengen di UII

    • harisetiaji on

      di Informatika UII memiliki berbagai bidang minat:
      – Multimedia
      – Programming
      – Digital Forensic
      – Rekayasa Perangkat Lunak
      – Sistem Informasi dan Sistem Cerdas
      – Jaringan

      Jika memang berminat di SI, ada kok di Informatika UII, nanti bisa ambil multiminat sehingga bisa ambil beberapa minat (2 paling tidak) sehingga ilmunya lebih berkembang. Saya lebih ke minat Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Informasi. Semoga bermanfaat.

  16. alvin on

    Ka mau nanya.. kalo pas di smk ambil teknik mesin emang bisa yha kuliah masuk di teknik informatika

    • harisetiaji on

      Pada dasarnya semua konsentrasi di sekolah menengah atas bisa kuliah di T.Inf, nanti di Informatika tetap akan ketemu mata kuliah dasar-dasar teknik berupa Matematika dan turunannya. No problem, jika passion dan hasrat anda ada di dunia teknologi, kenapa tidak.

      • alvin on

        Berarti meski dulu saya di SMK ambil teknik mesin,.. saya bisa kuliah di uii ambil t informatika, alias memenuhi syarat donk

  17. jihan on

    Ka bisa ngoding gak?

    • harisetiaji on

      Alhamdulillah bisa, anak IT wajib bisa coding. Terserah bahasa pemogramannya apa, yg penting paham algoritma/urutan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: